Minggu, 23 Maret 2014

Adenium, Si Mawar Gurun


www.havefun-gardening.blogspot.com
Adenium, koleksi Rebellina
Tanaman satu ini tidak hanya dikenal karena keindahan bunganya, tetapi  juga bentuk batang dan bonggolnya yang mirip bonsai. Dikenal juga dengan nama Adenium coetanum, Adenium obesum,  dan Adenium muliflorum, tanaman ini merupakan tanaman asli  gurun. Itu sebabnya Adenium juga disebut sebagai mawar Gurun (Desert Rose)
www.havefun-gardening.blogspot.com
credit



Tetapi entah mengapa Adenium di Indonesia disebut dengan Kamboja Jepang. Padahal Adenium berbeda dari Kamboja, dan bukan berasal dari Jepang. Walau masih satu family yakni Apocynaciae, namun Adenium dan Kamboja berbeda genus.  Selain itu, tampilan fisiknya juga berbeda jauh. Bila pohon Kamboja berbatang besar, sebaliknya dengan Adenium. Tak hanya itu, batang pohon Adenium bisa meliuk ke sana kemari, dan akarnya bisa menggembung membentuk  bonggol dan menjadi keindahan yang unik. Bonggolnya ini sebagai tempat cadangan air, sedangkan batang Adenium sendiri lunak, tidak berkayu (sukulen).Karenanya Adenium disebut juga tanaman sukulen. Daun-daun Adenium juga lebih kecil dibanding dengan daun Kamboja.

www.havefun-gardening.blogspot.com
bunga Kamboja, credit 
Adenium pun dapat ditanam di dalam pot dan dijadikan tanaman hias. Sebaliknya dengan Kamboja. Batangnya cenderung meninggi dan besar, sehingga Kamboja digunakan sebagai tanaman pelindung atau tanaman hias yang ditanam di tanah.

Asal Tanaman
Adenium merupakan tanaman asli gurun, berasal dari daerah gurun pasir di daratan Pantai Timur Afrika dan jazirah Arab. Di habitat aslinya, semak liar gurun ini bisa tumbuh setinggi 3,5 – 4 meter. Namun setelah menjadi tanaman hias, kebanyakan tingginya hanya mencapai 1,5 meter.
Nama Adenium sendiri berasal dari sebuah tempat yang diyakini sebagai tempat asli tanaman ini tumbuh, yakni Adeni (Yaman).

Cara Perawatan

Adenium tidak menyukai media tanam yang basah. Akarnya akan mudah membusuk, dan menyebabkan Adenium mati. Sesuai dengan asal tanaman ini yang beriklim gurun, maka Adenium pun menyukai sinar matahari penuh dan media yang pouros , serta tidak mengikat air.  Penyiraman dilakukan seperlunya saja, dan tidak harus setiap hari. Bila musim hujan tiba, Adenium lebih baik ditempatkan di area yang tidak terkena air hujan.

www.havefun-gardening.blogspot.com
cocopeat, credit 
 Metan (Media tanam) Adenium  dapat berupa campuran cocopeat (serbuk sabut kelapa), cocochunk(pecahan sabut kelapa), kerikil, pasir, sekam basar, pupuk kompos, dan tanah.  Sedangkan wadahnya harus memiliki lubang drainase yang cukup, sehingga tidak menahan air. Lubang  drainase dapat dialasi dengan kain jala agar media tanamnya tidak keluar.

www.havefun-gardening.blogspot.com
sekam bakar, credit 
Agar rajin berbunga, tentu saja Adenium harus diberi pupuk sesuai dosis yang dianjurkan, serta pemangkasan (prunning), untuk merangsang percabangan baru dan juga pembungaan. Prunning dilakukan saat Adenium benar-benar sehat.Jangan lakukan prunning sebelum dan setelah pohon berbunga. Karena biasanya saat-saat itu Adenium butuh waktu untuk mengumpulkan nutrisi (sebelum berbunga) dan memulihkan diri (setelah berbunga). Lakukan prunning minimal  sebulan setelah berbunga.

Hama Yang Mengganggu

Hama yang biasa menyerang Adenium adalah serangga berupa semut, kutu putuh, laba-laba merah, kutu kuning, dan kutu hitam. Biasanya hama ini menyerang daun. Penanggulangannya bisa dengan memotong daun yang terserang, atau menggunakan pestisida.
www.havefun-gardening.blogspot.com
kutu putih, credit

www.havefun-gardening.blogspot.com
kutu hitam, credit 
www.havefun-gardening.blogspot.com
kutu kuning, credit 

Namun cacing bisa juga menyerang akar Adenium. Bila ini terjadi, maka pencegahannya adalah dengan mengganti media tanam dengan yang baru.

Adenium, selain memiliki bunga dengan warnanya yang cantik, bonggol yang eksotik, juga mampu dibentuk menjadi bonsai. Saat ini Adenium juga bnayak dikembangkan menjadi aneka varietas. Adenium jenis ini disebut Adenium hybryd.

www.havefun-gardening.blogspot.com
adenium obesum, credit

www.havefun-gardening.blogspot.com
Adenium hybrids, credit


www.havefun-gardening.blogspot.com
bonsai Adenium, credit



15 komentar:

  1. Dl dirmh lama sy punya banyak tanaman adenium mbak, ada yg putih,merah dan pink...tp wkt pindahan sy kasih ke tetangga sbg kenang2an..sy suka bunga ini, perwatannya gak susah jg g begitu doyan air jd siramnya g tiap hari...sukses dg blog barunya ya mbak...

    BalasHapus
  2. Irowati: Wah.., dulu tinggal dimana Mbak Irowati? Saya baru punya Adenium karena diberi mertua. Sekarang pengen koleksi bung aini, tapi mahal lho harganya. Kalau di kasih gratis sih mau.. Betul Mbak, bunga ini perawatannya lumayan gampang. kalau kebnayakan air malah busuk

    BalasHapus
  3. Salam kenal mak..
    Kadang mupeng pengen berkebun lagi liat adeniumnya, cantik-cantik euy.. tapi kayaknya bakalan ga telaten ngerawatnya.. nunggu anak-anak gede kali ya :D

    BalasHapus
  4. Salam kenal juga Mak Nian Astiningrum. Adenium saya masih satu aja, tapi memang lagi mant dengan bunga-bunga nih. soalnya tanaman saya banyakan daun-daun selain tanaman buah ,toga dan sayur. Memang tanam menanam itu melatih kesabaran Mak. makasih sudah mampir ya. Jangan kapok main kemari, hehehe

    BalasHapus
  5. Bagus mak.. salam kenal yah:) Saya juga suka berkebun, tapi belum punya adenium:)

    BalasHapus
  6. dirumah saya yg utih pink itu, tp kyknya ada lain deh..ntar saya futu2 kl plng ke rumah ibu ya :)

    BalasHapus
  7. Salam kenal kembali Mak Erlina Fitriani. Saya jugab aru punya Mak. masih satu, heheh. Berbagi tips berkebun yuk Mak

    BalasHapus
  8. Meutiah Rahma, Mak, kalau deket, enggak malu-malu deh minta, hehehe

    BalasHapus
  9. di rumah juga ada,tapi yang warna pink putih :)

    BalasHapus
  10. @Wening: Bagi dong fotonya. Bagi pohonnya juga mau, hehehe

    BalasHapus
  11. jadi penasaaran pengen lihat kebun nya mbak..... pasti cantik dengan aneka tanaman ya :) emang butuh kesabaran n ketelatenan ya, tapi sepadan dengan hasil yg di dapat :)

    BalasHapus
  12. @Rita Dewi, masih berantakan Mbak, karena musim hujan belum sepenuhnya usai nih, jadi masih suah menatanya.

    BalasHapus
  13. koleksi ya mbak ?
    mantap warna nya cantik gitu

    BalasHapus
  14. @ ditoko kita :ah belum punya koleksi. masih punya 1 aja

    BalasHapus
  15. Cantik2 mak bunganya..
    Mak, ada award dari saya, silahkan dicek ya http://buahhatiayahbunda.blogspot.com/2014/05/the-liebster-award-dari-saya-untuk-kamu.html

    BalasHapus

Halo...
Terima kasih sudah mampir dan baca. Kalau berkenan menorehkan jejak anda di sini lewat komentar, akan membuat saya makin senang. Tandanya, isi blog ini dibaca dan diharapkan dapat membawa manfaat, sekaligus komentarnya sangat membantu untuk perbaikan isi blog ini ke depannya. Jangan kapok datang lagi :)
Salam berkebun
Bunda Berkebun - Rebellina Santy