Senin, 23 Maret 2015

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Limbah Batang Pisang

 Setelah sukses membuat pupuk organik cair dari buah jambu biji , saya juga pernah membuat pupuk organik cair dari limbah batang pisang. Batang pisang atau lazim disebut gedebok pisang, memang banyak dan mudah ditemui di sekitar kita. Apalagi pisang memang hanya berbuah sekali dan setelahnya dia akan mati dengan sendirinya. Daripada teronggok menjadi sampah dan menunggu terurai sebagai kompos, lebih baik digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk cair organik.

 Cara pembuatannya mudah, dan  serupa dengan pembuatan pupuk cair organikjambu biji. Namun lebih jelasnya saya uraikan kembali di bawah ini:


Bahan-Bahan pembuatan Pupuk Cair Organik Batang pisang
1.       1 kg btg pisang, pilih yang bagian dalamnya yang berwarna putih. 
2.       200 gr gula pasir, (bisa diganti dengan gula aren)
3.       3 liter air tanah
4.       Tong atau ember yang mempunyai tutup
5.       Karung bekas

Cara Membuat:
Cincang bagian dalam batang pisang menjadi potongan kecil-kecil-kecil. Masukkan dalam wadah karung bekas.
www.bundaberkebun.blogspot.com
cacahan bagian dalam pisang
www.bundaberkebun.blogspot.com


Campur air dengan gula dalam ember atau tong sampai gula larut. Masukkan karung berisi cacahan batang pisang ke dalamnya, sampai karung tenggelam. Tutup rapat tong/ember terbut. Letakkan di tempat yang tidak terkena matahari langsung.

www.bundaberkebun.blogspot.com
tong berisi campuran air dan gula

Biarkan sekitar seminggu-10 hari. Jangan lupa untuk membuka tongnya sekali sehari untuk mengeluarkan gas yang terbentuk dari campuran bahan-bahan pupuk tersebut, dengan cara mengaduknya. Setelahnya tutup kembali dengan rapat.

Dalam waktu 7-10 hari, pupuk cair sudah akan siap digunakan. Tanda-tanda pupuk cair organik berhasil adalah adanya bau seperti aroma tape. Bila bau busuk yang tercium (seperti bau got), berarti proses pembuatan pupuk cair organik gagal, dan cairan tersebut harus dibuang.

Angkat karung yang berisi cacahan batang pisang. Bekas cacahan batang pisang bisa digunakan sebagai kompos. Sedangkan air yang dalam ember/tong itulah yang menjadi pupuk organik cair organik.

Pemakaian larutan pupuk cair organik batang pisang ini adalah dengan mencampurnya dengan air tanah/sumur. Perbandingannya 1:15, artinya satu bagian pupuk cair organik dilarutkan dengan 15 bagian air tanah.

Gunakan pupuk cair organik batang pisang ini dua kali dalam seminggu. Siramkan di tanah sekitar tanaman.

Catatan:
Untuk menghemat waktu, saya memakai takaran gula sebayak 1 kg, sehingga komponen bahan lainnya pun dikalikan 5, yakni, 5 kg batang pisang dan 15 liter air tanah.
 Selamat mencoba. Happy Gardening :)



234 komentar:

  1. ass.. knpa d rendam pkai gula dan apa hubungannya buk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan di rendam pakai gula, tetapi airnya dicampur gula sampai larut, baru air campuran gula tersebut yang digunakan utk merendam cacahan batang pisang. gunanya gula sebagai stater mikroba organiknya Mbak

      Hapus
    2. BU gulanya mahal bisa gak di ganti dengan sodium kan sama2 manis.

      Hapus
    3. info yang menarik dan sangat bermanfaat Bunda. saya juga sedang mencoba menanam hidroponik sederhana dalam skala kecil. Pas banget dengan info membuat pupuk organik cair ini. Ijin reshare Bunda. Terima kasih.

      Hapus
    4. @Samani, walaupun sama-sama manis,kandungannya beda pak. jadi gula di sini tidak bisa diganti dengan sodium, tetapi bisa diganti dengan gula merah atau tetes tebu

      Hapus
    5. @lintang sore. saya sudah ke blog anda. artikel yang menarik. hanya saja mohon beberapa gambar yang diambil dari blog ini dicantumkan sumbernya, yakni blog bundaberkebun ini.

      Hapus
    6. Terima kasih Bunda. Sumber gambar sudah saya cantumkan. Bisa dicek di cara membuat pupuk organik cair. Salam.

      Hapus
    7. Terima kasih telah mencantumkan sumber gambar.

      Hapus
  2. apakah di batang pisang ada bakteri nya ....bonggol pisang ada banyak bakterinya, air gula kan untuk makanan bakteri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pernah baca bahwa di batang pisangn mengandung salah satu hormon untuk menunjang pertumbuhan tanaman. saya lupa apa hormon auxin atau griberlin (maaf nih kalau salah). Berhubung saya bukan pakar pertanian, hanya penyuka berkebun, jadi enggak paham betul soal itu. tapi gula memang untuk menjadi makanan dari mikroba yang berguna untuk tanaman. maaf kalau tidak memuaskan.

      Hapus
  3. Buk, kenapa cacahan bongol pisangnya dimasukan ke karung dulu baru ke larutan air gula ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. supaya gampang kalau mau ambil ampas cacahan pisangnya, Mas. Kalau langsung di campur, ketika mau ngambil pupuk cairnya, khan agak repot :)

      Hapus
    2. sangat bermanfaat .akan saya coba

      Hapus
    3. semoga sukses dalam proses pembuatannya ya

      Hapus
  4. Sipp, nanti mau dicoba. Apa saja maanfaat dan kelebihanyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau udah dicoba dan dilakukan pengamatan, berbagi tulisan tentang haslnya ya :)

      Hapus
  5. terimakasih info nya mudahmudahan bermanpaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buk kegunaan utamanya utk pertumbuhan atau buah.

      Hapus
    2. @Ramli DJ, kegunaannya terutama untuk pertumbuhan/keseuburan tanaman. itu sependek yang saya amti daripengalaman sendiri

      Hapus
  6. Bunda apkah ini semacam membuat kompos tea tetapi dengan bahan bonggol pisang ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, walau sebenarnya bikin pupuk cair organik. Hanya saja bonggol pisangn yang telah dicacah bisa dijadikan kompos setelah dicampur tanah dan dibiarkan sampai beberapa waktu.

      Hapus
  7. Balasan
    1. Tidak. Tapi kalau mau pake EM4 untuk mempercepat prosesnya, juga enggak apa-apa. Tambahkan saja sekitar 1-2 sdm untuk setiap takaran 1 kg bahan mentahnya.

      Hapus
  8. maaf bu.. saya belum paham masalah menggunakan takarannya waktu penyiraman

    BalasHapus
    Balasan
    1. larutan pupuk cair yang sudah jadi tidak bisa langsung digunakan begitu saja, Pak. Bisa-bisa terbakar nanti tanamannya. Harus dicairkan dengan air (air tanah ya, bukan air pam). Perbandingannya 1:15 itu yakni, 1 bagian larutan pupuk cair, diencerkan dengan 15 bagian air tanah. Alat takarannya sama ya. jadi misalnya 1 botol aqua ukuran 200 ml yang berisi larutan pupuk cair, harus dienccerkan dengan 15 botol aqua ukuran 200 ml juga yang berisi air tanah. Campuran ini yang kemudian diaduk rata, lalu bisa digunakan untuk menyiram tanaman. Semoga membantu ya

      Hapus
  9. maaf bu, klo dilihat dari photo diatas, sepertinya masih campur dengan pelepah bagian dalam ya? ini utk kejelasan apakah harus murni batang pisang yg tdk ada lg pelepahnya atau pelepah bagian dalamnya bisa dipakai juga.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak sampai murni sampai tidak ada pelepahnya lagi bisa kok Pak. Tapi enggak terlalu banyak, jadi bagian dalam yang sudah terlihat putih begitu. Mudah-mudahan membantu ya

      Hapus
  10. tERIMA KASIH ATAS INFORMASI CARA PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI LIMBAH BATANG PISANG

    BalasHapus
  11. okey mba saya akan mencoba membuat pupuk organik cair dari limbah batang pisang, kerna wilayah tugas saya populasi pisang cukup banyak, akan saya praktekan kepada Poktan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, bagus tuh. memanfaatkan apa yang banyak terdapat di sekitar kita. semoga sukses ya

      Hapus
  12. nice post, btw kenapa nda bisa pake air PAM? di tempatku cuma ada air PAM?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena air PAM khan sudah diberi obat-obatan kimia, yang mematikan mikroba baik. Jadi tidak bisa digunakan untuk pembuatn poc.

      Hapus
  13. Alhamdulillah, sudah saya praktekan, ternyata hasilnya bagus. Terimakasih, Bunda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, syukurlah kalau berhasil dan bermanfaat. Kalau punya blog, tuliskan dan share, biar menyebar manfaatnya :)

      Hapus
  14. mantep sekali bu ide komposnya... mari dicoba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya, sudah coba, dan emang mantaf buat tanaman di rumah :)

      Hapus
  15. bukk,,, kalau di tambahkan bioaktivator pada proses mau fermentasi nya gimana buk??

    BalasHapus
  16. Tanya Bu.. Boleh digunakan untuk semua tanaman ya Bu? Maksud saya untuk tanaman bunga hias juga boleh ya Bu?

    Maturnuwun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk tanaman hias malah bagus pak,terutama tanaman hias hijau daun. Kalau untuk buah, harus disokong dengan unsur pupuk yang lain.

      Hapus
  17. Assalamu'alaikum buk
    Setelah pupuk selesai dibuat, daya tahan pupuk tersebut sampai berapa lama, apakah tahan sampai setahun atau lebih,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikum salam.
      untuk hal ini, saya enggak bisa memastikan, Pak, karena ppuk yang saya buat enggak pernah saya simpan sampai setahun. Langsung habis dalam beberapa bulan, jadi belum tahu. maaf ya kalau kurang membantu, karena betul enggak ada pengalaman (takut mengada-ada kalau asal jawab :))

      Hapus
  18. ini yg saya cari, drpd beli pupuk cair buat aquascape yg bikin jd nguras dompet mnding bikin sendiri, trims artikelnya sangat berguna bngt....

    BalasHapus
  19. saya juga di rumah membuat pupuk organik cair sendiri, bahannya dari ampas kopi karena saya penggemar minum kopi. daripada ampasnya dibuang mending dijadikan bahan pupuk organik cair. memang kalau sudah jadi aromanya mirip aroma wangi tape he he he... sudah saya coba aplikasikan di tanah yang keras dan tandus akhirnya bisa jadi gembur, dan saya jadikan juga sebagai pupuk tambahan selain pupuk kimia Novelgrow untuk tanaman Strawberry saya di rumah, bisa dibaca posting saya tentang tanaman Strawberry tersebut di tautan ini:
    https://arjip.wordpress.com/berkebun-strawberry-di-dataran-rendah/‎

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pak, ampas kopi bagus buat tanaman. kalau saya sih minum kopi sachet yang enggak ada ampasnya, jadi enggak bikin pupuk organik dari ampas kopi. kalau bikin dari bubuk kopi, hiks, sayang :). Soalnya kopi khan mahal :)

      Hapus
  20. assalamu'alaikum buk, mau tnyak buk, apa2 saja kndungan yang terdapat dipupuk limbah batang pisang itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kandungan spesifiknya sih saya enggak tahu betul. Mungkin perlu penelitian lab. hanya saja untuk batang pisang, banyak mengandung hormon pertumbuhan (semacam giberlin dan autoxin)

      Hapus
  21. bisa tidak digunakan untuk penelitian saya dalam membuat skripsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan aja. coba praktekkan sendiri dan uji coba lab :)

      Hapus
  22. mksd air tnh inti, apa air yang telah dicampur tanah ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. air tanah maksudnya itu air sumur, bukan air pam.

      Hapus
    2. emm terimakash buk atas blsannya,, itu bisa mmbantu saya dalam mmbuat penelitian skirpsi, tntng ppk batang pisang,,
      syuran seperti sawihijau bisakan buk digunakan ppuk cair batang pisang ini,,

      Hapus
    3. kalau sayuran , namanya bukan pupuk cair batang pisang lagi :). Tapi, sayuran tak terpakai yang banyak di pasar itu, bisa kok dibuat menjadi pupuk cair organik. Kalu di tempat anda banyak tanaman ki pahit yang bunganya seperti bunga matahari, boleh dijadikan pupuk cair dengan cara yang sama.

      Hapus
    4. maksud saya ppuk cair batang pisang itu bisa jaga di gunakan atau disiram pada sayuran sawikan?

      Hapus
    5. justru bagusnya ke tanaman sayuran, khan pupuk organik cair, jadi pastinya dimaksudkan agar aman bagi tanaman yang dikomsumsi

      Hapus
  23. Alhamdulillah..ketemu juga resep pupuk organik yg tdk harus pakai EM4 dan tetes...mksh ilmunya bu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama. semoga bermanfaat. omong-omong, kenapa dengan EM4? Bukannya EM4 juga oragnik?

      Hapus
    2. Iya bu..Dari beberapa artikel cara pembuatan pupuk organik yg saya bc menggunakan EM4 sebgai starter..kalo yg ini praktis..tis..tis..hehehe..ini br selesai buat pupuk organik dari btng pisang juga probiotik rabal..insya Allah lanjut dgn pembuatan EM4..oh ya..pupuk saya nanti aplikasix ke kolam menggantikan pupuk kandang...semga ilmux menjadi amal jariah buat ibu...

      Hapus
    3. semoga sukses ya, dan terima kasih kunjungannya

      Hapus
  24. batang pisang yang bagus digunakan untuk dibuat pupuk cair gmn buk, apa pisang yang sudah berbuah atau blom?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang sudah berbuah Mbak, jadi batangnya yang berupa limbah itu yang bisa kita gunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organik cair. kalau belum, khan sayang...

      Hapus
  25. Mmg benar, sy sdh coba jg ke tanaman anggrek yg sdh sekarat, dan tunas2 kecil bermunculan, jg tanaman buah yg lain,karena musim kemarau yg panjang, murah dan bermanfaat....

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, karena tanaman pisang gampang tumbuhnya dan mudah ditemui di mana-mana, serta pembuatannya mudah sekali (pupuk cairnya). Bukan begitu Mbak Dyah Ambar?

      Hapus
  26. kalau blh tau batang pisang yang digunakan apa bleh batang pisang apa saja ?

    BalasHapus
  27. Bu',cara menyumpanya jg harus di tutup rapat kembali ea,,
    Lamⓐⓐ pembuatan harus 10 hari,atau semibggu sudah cujup,,,?gak sabar mau segera di gunakan n,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kisaran lama pembuatan sekitar 7-10 hari. setiap hari tutup penyimpanan harus dibuka, dan bahan pembuatan pupuk harus diaduk-adyuk, setelhnya tutup rapat kembali. Kalau sudah berbau aroma tape segar, tandanya sukses deh pupuknya. Kalau busuk, buang, karena gagal. setelah dipakai, tutup kembali ya. Jangan lupa takaran pemakaian, 1 bagian pupuk cair, dicampur air tanah sebanyak 15 bagian. semoga membantu ya

      Hapus
    2. Adoooouh,,,gak pernah saia aduk bu', cm saia buka ajja tiap hari,tp udh ad arom tape kok,udh 9 hari,udah bisa saiⓐⓐ cbⓐⓐ gunakan bu',,,?

      Hapus
    3. kalau begitu, berarti berhasil dong. sudah siap digunakan.

      Hapus
    4. Mau nanya bun,untuk bibit sawit usia 4 bulan berapa dosis nya per batang ya bun

      Hapus
    5. wah, secara dosis untuk tanaman tertentu saya kurang tahu pak. biasanya kalau nyiram tanaman sawi, gimana? gantikan saja dengan pemakaian pupuk organik cair ini. hanya saja jangan lupa perbandingan untuk mencairkan pupuknya ya Pak. 1:15

      Hapus
  28. buk bleh mnta fb ibuk gtu,, klou ada.

    BalasHapus
  29. Sya punya tanaman cabe bu,,cocok gk bikin dari batang pisang organiknya dan sya mau coba bu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pupuk organik cocok aja diaplikasikan ke tanaman apa saja Pak. Termasuk cabe.coba saja dahulu :)

      Hapus
  30. Bisa tidak pupuk organik cair ini dijadikan sebagai nutrisi makanan tanaman hidroponik??? Kalo ya, bagaimana caranya?? Mohon penjelasan.
    Tb. Mumu / guru sd

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum pernah coba ke tanaman hidroponik Pak. jadi enggak bisa jawab dengan memuaskan. bagaimana kalau diuji coba sendiri mengingat pupuk organik cair ini aman kok dan ramah lingkungan. jadi asumsinya, dimasukkan ke air juga gpp.

      Hapus
    2. Kalo buat tanaman padi bisa gak bu ??
      Oy.. klo gulanya di ganti dgn tetes tebu bisa gak ya bu ?? Terimaksih sebelumnya

      Hapus
    3. Kalo buat tanaman padi bisa gak bu ??
      Oy.. klo gulanya di ganti dgn tetes tebu bisa gak ya bu ?? Terimaksih sebelumnya

      Hapus
    4. @Ibnu Arifin, kalau gula sih bisa diganti dengan tetes tebu. tapi terus terang saya tidak tahu takarannya untuk tetes tebu. kalau untuk padi, saya belum coba pak. coba saja sendiri, karena poupuk ini aman secara ekologi dan bisa ke semua tanaman.

      Hapus
  31. apa bisa digunakan buat tanaman kayu buk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja. Tapi kalau untuk tanaman berbuah, tetap harus butuh nutrisi lainnya Pak.

      Hapus
  32. ilmu yang sangat bermanfaat kami juga akan mencobanya untuk menekan kelangkaan dan mahalnya pupuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul itu. sekarang ini pupuk snagat mahal dan ketersediaannya juga terbtas,mari memanfaatkan apa yang ada dilingkungan kita, dengan pengolahan berbasis lingkungan juga aman bagi lingkungan, tanaman itu sendiri dan manusianya. semoga sukses

      Hapus
  33. buk, batang psang apa saja yang dapat digunakan untuk pupuk itu buk, atau smua pisang dpt dignkan,
    batangnya yang sdah tau atau bgaimana buk

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaan ini sudah saya jawab sebelumnya. coba baca sekali lagi. Tapi tak apa sy jawab lagi. batang pisangnya jenis apa saja, dan tentunya di katakan limbah karena batang tsb sudah tdk berguna lagi, alias sudah berbuah. kalau belum pernah berbuah, sayang khan ditebang untuk bikin pupuk organik cair? :)

      Hapus
  34. Alhamdulillah proses pembuatan pupuk organik cair sudah berhasil dengan indikator keberhasilan aromanya tercium seperti "tape". Namun saya mau bertanya, Apakah bongol pisang yang didalam karung dapat digunakan??? Bagaimana Caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa digunakan sebagai kompos. campurkan saja di tanah untuk pertanian, atau campur dnegan media tanam untuk tanaman dalam pot. semoga sukses ya

      Hapus
  35. kira2 cocok tidak di aplikasikan ke dalam kolam budidaya ikan atau udang

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum pernah coba Pak. Tapi karena ini aman bagi makhluk hidup selain tanaman, mungkin perlu dilakukan uji coba dalam skala kecil

      Hapus
  36. Artkel yang Bagus, layak dicoba

    BalasHapus
  37. Weeeh harus dicoba ini bu, hehe
    Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah berhasil, boleh juga di share Bu, biar makin menyebar manfaatnya

      Hapus
  38. ass,ww, artikel nya sangat bermanfaat bunda, makasih, salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikum salam wr wb. alhamdulillah kalau bermanfaat, semoga jadi amal jariyah. salam kenal juga

      Hapus
  39. apakah air hasil rendaman itu bisa juga digunakan sebagai em4 untuk campuran proses pembuatan pupuk organik dari sampah, atau hanya sebagai pupuk cair saja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejauh ini, saya belum pernah mengamati dan melakukan ujicoba itu. Tapi seminggu yang lalu, saya gunakan untuk menyiram pembuangan sampah dapur untuk mengurangi bau dan mempercepat proses komposisasi. Lumayan ampuh walau tidak seefektif em4. moga membantu

      Hapus
  40. keren infonya akan saya coba
    http://hortisubur.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  41. asalamu'allaikum,mf mau nanya. . untuk penyiraman ke tanaman ada takaran minimalnya pa ngga?
    kalo kbnyakan tmbh bgus apa over dosis. .
    (maksdnya penyiraman stelah di cmpur 1:15,nyiram ke tanamannya kalo kbnyakan gmana ? )

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyirmanya seperti nyiram tanaman normal, Pak. Ke tanah tempat tanaman tumuh sampai basah. kalau di pot, sampai airnya keluar dari bawah [pot.Dan tentu saja memperhatikan karakteristik tanamannya juga. karena ada tanaman (beberapa tanaman hias) yang tak suka terlalu sering disiram. semoga membantu ya

      Hapus
  42. assalamu'alaikum buk...saya cuma mau nanyak,kenapa pembuatan poc ini hanya menggunakan bagian dalam batang pisang saja?kenapa tidak langsung menggunakan seluruh batang dan pelepah nya?mohon info nya ya buk

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena di bagian dalam pisangnya yang banyak mengandung unsur hara, jadi lebih cepat proses pembuatan pupuknya. kalau bagian luarnya, agak lebih lama, dan manfaatnya tidak sebesar menggunakan bagian dalam batang pisang

      Hapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Assalamualaikum bu,ada tidak alternatif bahan lain selain batang pisang,,,misal batang sayuran hijau yg tidak terpakai

    BalasHapus
    Balasan
    1. apapun sebenarnya bisa digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organik cair, misal, potongan bekas sayur, buah-buahan yang tidak terpakai. salah satunya seperti yang saya tulis ini: http://rebellinasanty.blogspot.co.id/2013/04/suburkan-tanaman-dengan-pupuk-organik.html
      ganti saja jambu bijinya dnegan buah-buahn lain. prosesnya sama kok

      Hapus
  45. Assalamualaikum bu ,alternatif lain selain gedebok pisang ada apa tidak ngih??? Misal daun2an atau kotoran hewan,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. apapun sebenarnya bisa digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organik cair, misal, potongan bekas sayur, buah-buahan yang tidak terpakai. salah satunya seperti yang saya tulis ini: http://rebellinasanty.blogspot.co.id/2013/04/suburkan-tanaman-dengan-pupuk-organik.html
      ganti saja jambu bijinya dnegan buah-buahn lain. prosesnya sama kok

      Hapus
  46. Assalamualaikum bu ,alternatif lain selain gedebok pisang ada apa tidak ngih??? Misal daun2an atau kotoran hewan,,

    BalasHapus
  47. Assalamualaikum bu ,alternatif lain selain gedebok pisang ada apa tidak ngih??? Misal daun2an atau kotoran hewan,,

    BalasHapus
  48. sangat bermanfaat bu...
    saya ijin nyoba ya bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan. Semoga sukses ya. Maaf baru jawab sekarang

      Hapus
  49. bu air pam yg didiamkan selama 7-10 hari boleh gk digunakan sebagai pebgganti air tanah?

    BalasHapus
  50. bu air pam yg didiamkan selama 7-10 hari boleh gk digunakan sebagai pebgganti air tanah?

    BalasHapus
  51. bu air pam yg didiamkan selama 7-10 hari boleh gk digunakan sebagai pebgganti air tanah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kalau itu saya kurang tahu jelas Bu. Tapi yang namanya zat kmianya di air pam pasti tetap ada. Saran saya, coba aja susai cara ibu, yakni dengan membiarkan air pam selama seminggu., tapi dengan takarn sedikit dulu. Hasil jadinya sharing ya Bu biar semakin menambah pengetahuan kita semua

      Hapus
  52. bun itu menggunakan bahan kimia apa aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak ada bahan kimia. Cuma air dan gula saja, sesuai yang tertulis di atas :)

      Hapus
  53. Bu apakah itu bisa buat tanaman padi atau jagung?

    BalasHapus
  54. bu dosisnya untuk 1 Ha berapa liter ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.., saya enggak tahu pa. belum punya lahan seluas itu jadi enggak pernah ngukur :)

      Hapus
  55. Bu info.nya bermanfaat . . boleh di share ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat boleh. silakan. semoga membawa banyak manfaat untuk pecinta tanaman

      Hapus
  56. Assalamu alaikum,
    Bu, pupuk cair ini bisa digunakan untuk tanaman Aquascape juga ya?
    terima kasih sebelumnya atas infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus terang saya belum pernah coba Pak. Tapi ketika saya coba tanam tanaman dalam botol yang berisi air dan diberi pupuk cair, tumbuh kok. asumsi saya berarti bisa. Tepi lebih baik uji coba aja dulu. share ya kalau berhasil :)

      Hapus
    2. Assalamu Alaikum,
      terima kasih sebelumnya atas balasannya Bu, sy sdh uji coba pada tanaman Aquascape sy, dan Alhamdulillah dalam 3 minggu pemakaian hasilnya sangat memuaskan. cuman sy tdk menggunakan campuran air tanah Bu, dgn perbandingan 1:15. pupuknya lngsung di tuangkan saja dalm aquariumnya dgn perbandingan 10ml untuk 70ltr air dgn dosis 1x1. Terima kasih atas ilmunya Bu, skrang jadi lebih hemat biaya, satu masalah terpecahkan...

      Hapus
    3. Alhamdulillah kalau ternyata bisa untuk aquascape. ijin saya share dan tuliskan di blog ya. oh ya, maksud dosis 1x1 itu apa ya? pemberian sekali sehari?

      Hapus
    4. ia Bu, 1x1 maksdnya sekali sehari...

      Hapus
  57. Assalamualaikum,
    Bu, mau tanyanya, kalo pupuk cair ini disemprotkan bisa atau tidak?
    Terimakasih Bu, Wassalamualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik di siram ke tanah sekitar perkaran Pak

      Hapus
  58. maaf bu kalao ppupuk cair yang terbuat dari pelepah pisang,kalao sudah jadi pupuk cair apa betul baunya seperti tape,saya mencoba bikin baunya seperti tape ,makasih infonya, tolong dibalas kalao ada waktu.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pak. bau pupuk cair organik seperti tape. berarti bapak sukses bikin pupuk cairnya :)

      Hapus
  59. bu gulanya di masak air panas dulu apa langsung di dengan air adem. kalau dengan air adem larutnya lama dong. makasih jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gulanya tidak perlu dimasak. bisa larut kok walau mungkin tidak larut seperti membuat teh manis, heehehe. gula disini berfungsi sebagai aktivator mikroba untuk pupuk cair tersebut

      Hapus
  60. infonya bagus bu, makasih bisa tambah ilmu lagi
    www.gm-plus.com

    BalasHapus
  61. Bu saya sudah membuat poc tsb dri btng pisng, sprti pnjelsan diatas, namun knp udh saya campur 1:15 kox tanaman menjdi layu y bu. Dn apa memng poc tsb bila disimpan dlm botol akn seperti ad gas/butirn2 udra sprti minumn bersoda? Mohon penjelasannya bu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. siramnya ke tanah ya bukan ke daun tanaman. karena untk tanaman tertentu tidak begitu kuat kalau terkena daunnya. pupuk cairnya memang mengandung gas, jadi harus sesekali dibuka agar keluar gasnya

      Hapus
  62. assalamualaikum bunda,mau tanya untuk anjuran dosisi penggunaan pupuk ini sudah ada belum sumber ilmiahnya atau jurnalnya??? mohon bantuannya trimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikum salam. Sebenarnya, pupuk cair ini gedebok pisang ini terinpirasi dari tayangan di DAII TV mengenai pembuatan pupuk cair organik dari sayur-sayuran. di tv tersebut dikatakan bahwa perbandingan pupuk cair organik dengan air sebesar 1:15. itu yang saya pakai. kalau jurnal ilmiahnya, kebetulan Mas bayu (komentator diatas) sedang melakukan riset/penelitian mengenai kandungan apa saja yang terdapat dalam PCO ini. kalau jurnal ilmiah tntang dosis, saya belum tahu, karena saya belum pernah melakukan uji lab khusus mengenai hal ini. Barangkali ada pecinta berkebun lainnya bisa membantu.

      Hapus
  63. Ijin nyoba bu.. pakai air bekas cucian beras/leri kata orang jawa bisa ngk??

    BalasHapus
    Balasan
    1. air cucian beras sangat bagus buat tanaman. saya pernah tuliskan itu juga di blog saya. silakan aja dicoba

      Hapus
  64. assalamu'alaikum. Bu, air tanah itu air sumur ya? terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  65. assalamu'alaikum. Bu, air tanah itu air sumur ya? terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  66. Tks bu, atas ilmunya...... oh, ya.... bu klo saya sudah pernah buat dari daun lamtoro dan meniran, akan tetapi dalam proses penyimpanannya tidak perlu dibuka selama 7 hari. Dan alhamdulillah juga berhasil bu. Sekali lagi tks ya atas ilmunya, smoga menjadi amalan jariyah ibu. Aamiin Ya Robbal Al Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, bertambah ilmu saya juga nih pak. ayo dituliskan biar bisa di share :)

      Hapus
  67. POC yg dihasilkan baik untuk masa vegetatif atau generatif bun biar tepat pada saat pengaplikasiannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah ada yang bantu cara tepat pengaplikasiannya. moga dibaca yang lain

      Hapus
  68. Alhamdulillah sudah coba membuat dan aplikasikan ke tanaman.. Kalau untuk durasi penyiraman menggunakan poc ini apakah tidak apa-apa kalau seminggu sekali ya bu? Soalnya masih sisa banyak poc nya. Terima kasih

    BalasHapus
  69. Alhamdulillah sudah coba membuat dan aplikasikan ke tanaman.. Kalau untuk durasi penyiraman menggunakan poc ini apakah tidak apa-apa kalau seminggu sekali ya bu? Soalnya masih sisa banyak poc nya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. penyiraman tergantung jenis tanamannya juga Mbak. jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan tanamannya, dan juga musim. seperti musim pengnhujan ini.

      Hapus
  70. Terimakasih bunda atas ilmunya

    BalasHapus
  71. Assalamualaikum bu.. Pupuk di atas bisa di pergunakan sebagai pengganti nutrisi untuk tanaman hidrofonik ga bu..

    BalasHapus
  72. Assalamualaikum bu.. Pupuk di atas bisa di pergunakan sebagai pengganti nutrisi untuk tanaman hidrofonik ga bu..

    BalasHapus
  73. Assalamualaikum bu.. Pupuk di atas bisa di pergunakan sebagai pengganti nutrisi untuk tanaman hidrofonik ga bu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..jujur saya kurang bisa jawab pertanyaan ini. banyak yang menanyakan hal ini juga. tapi saya pernah uji coba nanam tanaman dalam botol dengan media air yang diberi nutrisi ini, dan tumbuh subur. cuma karena saya tidak fokus dnegan tanaman dalam air, saya enggak urus. jadi mati deh. jadi saya tidak bisa jawab dengan memuaskan. maaf ya.
      bagaimana kalau uji coba dalam skala kecil dulu?

      Hapus
  74. bu.. itu karung nya darikarung beras plastik gitu ya.. ato karung goni.. mohon penjelasannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karung yang saya pakai karung plastik bekas beras. karung goni juga bisa. intinya sih itu cuma wadah agar cacahan bonggol pisangnya mudah diambil

      Hapus
  75. jika dicampur dengan air kelapa sebagai bahan tambahan atau sebagai penggati gula gimana hasilnya? apakah bisa bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pernah baca kalau air kelapa kaya akan nutrisi dan bagus utk pembuatan poc. tapi kalau tanpa gula..,wah saya tdk tahu hasilnya akan bagaimana. jadi atau tdk. tapi dlm waktu dekat saya mau coba buat poc dari air kelapa ini. insha Allah hasilnya akan saya tulis di blog nantinya.

      Hapus
  76. Tetap setia ya bu ,
    Dalam proses diatas Maksudnya Setiap hari sekali Harus Dibuka dan DiadukTong nya .

    Terus apakah ada Kadaluarsanya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak harus tiap hari dibuka dan diaduk kok. 2-3 hari sekali juga enggak apa. hanya utk membuang gasnya. btw, batas kadauarsanya sih pasti ada. hanya saja karena saya pakainya cepat habis, jadi belu pernah tahu tepatnya berapa lama bisa disimpan. mungkin ada yang bisa bantu?

      Hapus
  77. Maaf bu tanya.....itu karung nya pas dimasukin ke tong diikat ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab
      lebih baik di ikat agar tidak tercecer2 ke dlm larutan.

      Hapus
  78. assalamualaikum bunda, kenapa pengaplikasian POC ini terlebih dahulu di campurkan dengan air?? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikum slm,,,
      bantu jawab
      Kayaknya di atas sudah di jelaskan
      klo gak dicampur air takut tanamannya bisa terbakar.

      Hapus
  79. Assalamualaikum, untuk batang pisangnya sendiri apakah menggunakan batang pisang khusus atau semua batang pisang boleh digunakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah di jawab sebelumnya...
      bantu jawab lagi.
      Semua jenis batang pisang blh digunakan.

      Hapus
  80. terimakasih infonya bu sangat bermanfaat,sudah saya coba dan berhasil.
    tp pertanyaan saya kenapa yg di pakai harus bagian dlm atau yg berwarna putih,apa pelepah luar tdk bisa di pakai???

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya, terima kasih ya udah bantu jawab pertanyaan-pertanyaan diatas. mengenai bagian dalam batang pisang, karena justru yang bagian dalam ini yang paling banyak kandungan nutrisi untuk bahan pocnya. semoga membantu..

      Hapus
  81. pada masa penyemaian (cabe dan tomat) apakah bisa di aplikasikan ? adakah resikonya bila terkena batang atau daun ? terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya, kalau sudah dilakukan percampuran dengan air tanah/sumur, sependek pengalaman saya tidak sampai menyebabkan terbakar (tanamannya). tapi poc ini penggunaannya ternyata lebih tepat untuk menyuburkan media tanamnya. jadi lebih baik siramkan ke tanah di sekitar tanamannya. Kalau untuk masa penyemaiannya, jangan kena tanamannya dulu ya Pak.

      Hapus
  82. Mau bertanya penggunaan gula merah yang dari kelapa itu apakah mempengaruhi pupuk cair yang dibuat?? Saya sudah membuat sesuai step tetapi kok gagal ya??? Pupuk yang gagal itu apakah masih bisa digunakan untuk tanaman jika terus difermentasi??? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. indikasi gagalnya bagaimana pak? apakah sudah berbau busuk dan airnya berwarna hitam? kalau itu yang terjadi, buang saja. total gagal. kalau belum ke arah sana, fermentasi aja terus sampai ada indikasi baunya seperti bau tape

      Hapus
  83. Bu tq utk infonya ..saya sdh coba...airnya seperti air tuak( bau Asam Dan warna putih kekuningan)
    Apakah itu tandanya sdh berhasil? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya bau tuak asam dnegan bau tape, beda enggak ya Pak. yang penting enggak berbau got/parit/selokan dan warna airnya enggak hitam, sepertinya berhasil.

      Hapus
  84. selain diaplikasikannya dengan cara disiram disekitar tanaman bisa gak buk kalau diaplikasikannya dengan cara d semprotkan ke tanaman?????

    BalasHapus
  85. selain diaplikasikannya dengan cara disiram disekitar tanaman bisa gak buk kalau diaplikasikannya dengan cara d semprotkan ke tanaman?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru jawab, kayaknya terlewat baca :). pengalaman saya ternyata bisa kok disemprot ke daun asal takarannya 1:15

      Hapus
  86. Assalamualaikum..terimakasih bu..kami dari Kepulauan Natuna hadir..sangat merasakan manfaat dari resep pupuk organik cair yang ibu bagikan. Apalagi kami di daerah terluar indonesia, sangat kesulitan untuk mendapatkan pupuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikum salam. Duh Pak, saya terharu bacanya. diniatkan memang bermanfaat bagi khalayak umum dan petani khususnya karena saya tahu mahalnya harga pupuk dan sulit diperoleh belum lagi dampak pupuk kimia ke depannya. Semoga bermanfaat ya Pak dan ilmu yang diperoleh dibagi ke sesama. Untuk amal jariyah kita semua

      Hapus
  87. Hallo mbak, apakah pupuk ini bisa untuk tanaman jeruk nipis dan yang cairnya bisa u pengganti nutrisi hydroponik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk tanaman berbuah tetap harus ditambah pupuk jenis lain Mbak, agar semakin mantap berbuahnya. Dan untuk pupuk pengganti nutrisi hidroponik, ada pebaca yang telah melakukan uji coba, dan ternyata bisa. Coba di scroll pertanyaan dan jawaban di atas. Kalau tidak salah ada di sana. Kalau tidak ada, mungkin di inbox FB saya, soalnya banyak yang tanya-tanay melalui fb saya juga

      Hapus
  88. Hasil pembuatan pupuk organik kalo disimpan, masa expirenya berapa lama mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman saya denagn poc terbaru dari nasi, ternyata bisa 3 bulanan

      Hapus
  89. Assalamualaikum.
    Bu, kebetulan saya juga hobi untuk mencoba membuat POC. Kendala saya adalah bau yang ditimbulkan dan lamanya proses ketika fermentasi. Adakah bahan untuk mengurangi bau tersebut dan juga bahan untuk mempercepat fermentasi?
    Mohon informasinya, terima kasih.
    wassalamualaikum.

    BalasHapus

Halo...
Terima kasih sudah mampir dan baca. Kalau berkenan menorehkan jejak anda di sini lewat komentar, akan membuat saya makin senang. Tandanya, isi blog ini dibaca dan diharapkan dapat membawa manfaat, sekaligus komentarnya sangat membantu untuk perbaikan isi blog ini ke depannya. Jangan kapok datang lagi :)
Salam berkebun
Bunda Berkebun - Rebellina Santy