Minggu, 04 Januari 2015

Tanaman Herba : Ginseng Jawa Dan Khasiatnya


Ginseng Jawa,Foto diambil dari sini
Ginseng Jawa, atau dikenal juga dengan Kolesom, atau  Som Jawa, adalah tanaman yang berasal dari Amerika Tropis. Ciri khas tumbuhan ini adalah daunnya licin, tebal dan agak berdaging, dan kalau di remas mengeluarkan lendir. Batangnya sukulen, berbentuk bulat tebal, serta mengeras di bagian pangkalnya. Bunganya berbentuk daun mahkota merah ungu, berjumlah 5 helai, dan berbentuk oval. Sedangkan bijinya, kecil-kecil, berwarna hitam bila telah tua, dan berbentuk gepeng. Akar membentuk umbi rimpang, berwarna abu-abu, cenderung coklat bila telah cukup umur.


Nama ilmiah Ginseng Jawa ini adalah Talinum paniculatum. Penamaan Ginseng Jawa karena tanaman ini memiliki akar yang berbentuk serupa dengan Ginseng Korea, selain juga memiliki khasiat yang sama untuk menambah vitalitas pada pria (afrodisiak). Bedanya dengan ginseng Korea adalah, ginseng Jawa ini bisa dipanen akarnya dalam waktu 6-7 bulan sejak mula penanaman. Akar akan menggembung bila ditanam dari biji.

Hasil penelitian melalaui riset membuktikan Ginseng Jawa memiliki  kandungan senyawa sapoin, tannin dan alkaloid serta senyawa-senyawa lain yang secara fisiologis melancarkan sirkulasi peredaran darah pada system syaraf pusat. Saponin mempunyai efek antiradang, sedangkan tannin mempunyai sifat mendinginkan. Sedangkan daunnya kaya akan vitamin A, saponin dan flavonoid , juga steroid dan minyak atsiri. Karenanya, daun ginseng Jawa berkhasiat meningkatkan nafsu makan  (stomakik) dan melancarkan produksi ASI.

Penanaman Ginseng Jawa ini sangat mudah, bisa melalui biji, dan juga stek batang, dan pucuk batang. Untuk masa panen akar, Ginseng Jawa memerlukan waktu 6 bulan sampai 1 tahun ,dimulai sejak awal penanaman. Sedangkan untuk panen daun, hanya memerlukan waktu sekitar 2-3 bulan. Daun yang akan dipanen, haruslah daun yang masih muda, agar tidak pahit rasanya. Selain itu, untuk memasak daun ginseng Jawa, tidak perlu memakan waktu yang lama. Cukup sebentar saja. Jangan di remas, karena akan mengeluarkan lendir.

Ginseng Jawa ternyata bisa digunakan juga sebagai tanaman hias. Bisa subur bila ditanam dalam pot, asal tercukupkan nutrisinya melalui penyiraman dan pemupukan teratur.  Namun untuk menjadikan tanaman ini sebagai obat herba, perlu diwaspadai media tanamnya. Jangan sampai media tanam mengandung logam berat, karena Ginseng Jawa mampu menyerap racun yang ada dalam logam berat tersebut.

Pemakaian Ginseng Jawa sebagai obat herba tidak boleh sembarangan dilakukan. Terutama  dalam penggunaan akarnya. Akar ginseng Jawa bersifat diuretik, yang dapat menyebabkan diare. Karenanya, untuk menghilangkan sifat diuretiknya, bila  hendak digunakan sebagai obat herba, haruslah dicuci bersih, lalu dikukus selama 30 menit. Setelahnya, keringkan, dan simpan dalam wadah kedap udara kalau belum digunakan.  

Sedangkan untuk daun, digunakan dalam keadaan segar. Bisa digunakan juga sebagai sayur, lalapan, atau campuran mi. Tapi perlu diwaspadai untuk tidak mengkonsumsinya berlebihan. Bisa menyebabkan mual dan pusing akut. Bila itu terjadi, minum kopi kental tanpa gula dan beristirahat di tempat terbuka, dimana udara mengalir bebas.

Beberapa khasiat Ginseng Jawa adalah seperti berikut ini :

Untuk menambah stamina pria:
50 gr Akar ginseng jawa yang telah dikeringkan
Sedikit brem
¾ gelas air panas
Cara : iris tipis akar ginseng jawa. Masukkan edalam gelas. Beri air panas sebanyak ¾ gelas, tambahkan brem. Tutup sebentar hingga air menjadi hangat. Minum selagi hangat. Ramuan diminum 2 kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur.

Untuk Bisul
Daun ginseng Jawa segar secukupnya
Gula merah, sedikit saja.
Cara: Daun ginseng Jawa dilumatkan bersama gula merah, lalu ditempelkan pada bisul. Balut dengan perban. Lakukan 2 kali sehari.

Untuk menambah nafsu makan dan melancarkan Asi
Daun ginseng jawa segar secukupnya,  ditumis atau di lalap sebagai sayuran.

Untuk Pengobatan Beri-Beri
3-5 gr akar ginseng jawa segar, kukus selama 15 menit. Lalu Rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih. Air rebusan diminum 1 kali sehari.

Semoga bermanfaat.


Diolah dari berbagai sumber, diantaranya  :
Wikipedia



23 komentar:

  1. Saya sering lihat tanaman ini di pekarangan orang-orang Mbak, tapi gak tau kalau ternyata bisa dibuat obat herbal. Itu dikeringkannya, dijemur maksudnya ya?

    BalasHapus
  2. @Sofia Zhanzabila, iya. namun proses pengeringan herba dilakukan tidak dibawah terik matahari langsung. kalau bisa diangin-anginkan, Mbak, agar tidak banyak hilang kegunaan utamanya

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Terimakasih mbak , kebetulan dirumah punya tanaman ginseng

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus rajin-rajin dipangkas, karena pertumbuhannya cepat sekali. Tapi daunnya warnanya hijau segar cantik, ya enggak?

      Hapus
  5. As salam. saya daripada Malaysia, saya many bertanya apakah 'brem' yang dinyatakan di dalan artikel di atas. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. brem itu makanan khas Jawa Timur, rasanya asem-asem kecut gitu

      Hapus
  6. Assalamualaikum Mbak, mohon maaf tolong di jelaskan apa yg di maksud bremen itu.? Apakah sama dengan brem yg berasal dari Madiun Jatim itu.?

    BalasHapus
  7. kira2 ginseng ini punya buah dan bunga ga mbak? manfaat dari kedua nya apa ya?😊

    BalasHapus
  8. Dibelakang rumah banyak tumbuh tanaman ginseng, karena gak tau gunanya buat apa jadinya saya cabutin... :(
    btw, terima kasih infonya

    BalasHapus
  9. Dirumahku banyak sekali Tanaman ini,dan belum tau khasiat dan penggunaan nya...
    dan kebetulan banget rumah juga Deket pabrik BREM... terima kasih banyak infonya... ;)

    BalasHapus
  10. Subhanallah ...baru tau kalau pohon ini bermanfaat. Padahal banyak banget tumbuh di halaman. Tumbuhannya gak rewel dan berkembang cepat banget.

    Karena fak tau manfaatnya, jadinya kubuang deh, termasuk ginsengnya.
    Untung masih ada yang terus bermunculan.

    Terimakasih infonya 😊

    BalasHapus

  11. Ginseng is the most expensive and having good quality is derived from the wild ginseng Manchuria. Part of the ginseng plant is often used as a medicine is its root.
    http://www.suksestoto.com/

    BalasHapus
  12. ternyata bisa dipakai untuk obat. jos. ada juga manfaat lain dari tanaman indonesia lho. lebih lengkap lihat di http://health-public.blogspot2022.com

    BalasHapus
  13. bagaimana cara ngedapatin bibitnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari batang, bisa di tancapkan lgsg. Nanti ketika berbunga bisa didapat bijinya

      Hapus
  14. Itu memang harus di kukus ya

    BalasHapus
  15. assalamualaikum mbak. saya dari malaysia. saya ingin bertanya jika sekitar medium tanaman ginseng jawa ini, ada logam lama yang tertanam seperti zinc, maka tanaman ini tidak selamat dimakan @ digunakan?

    BalasHapus
  16. Terima kasih infonya .Adakah bisa membantu kalau kita membutuhkan som dl jumlah banyak ?

    BalasHapus
  17. alhamdulillah. skrg sdh tau kegunaannya. mksih infonya mbk

    BalasHapus

Halo...
Terima kasih sudah mampir dan baca. Kalau berkenan menorehkan jejak anda di sini lewat komentar, akan membuat saya makin senang. Tandanya, isi blog ini dibaca dan diharapkan dapat membawa manfaat, sekaligus komentarnya sangat membantu untuk perbaikan isi blog ini ke depannya. Jangan kapok datang lagi :)
Salam berkebun
Bunda Berkebun - Rebellina Santy